Balai POM Payakumbuh Ajak Komunitas Sekolah Sadar Pangan Aman dalam Sosialisasi Keamanan Pangan

30-04-2024 Umum Dilihat 21 kali

(Bukittinggi) Pada 26 April 2024, Balai POM di Payakumbuh melaksanakan kegiatan Sosialisasi Keamanan Pangan kepada komunitas sekolah. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan tahun 2024, dimana terdapat program Sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah yang Aman. Dalam kegiatan ini diundang 6 sekolah yang akan di intervensi secara penuh oleh Balai POM di Payakumbuh yaitu SD N 02 Percontohan, SD N 04 Birugo, SD N 07 Belakang Balok, MIN Bukittinggi, SMP N 4 Bukittinggi, SMK N 2 Bukittinggi dan 6 sekolah perluasan yaitu SD N 03 Pakan Kurai, SD N 04 Garegeh, SD N 09 Manggis Gantiang, SMP N 3 Bukittinggi, MTSN 2 Bukittinggi, dan MAN 2 Bukittinggi.

Sumber daya manusia yang berkualitas dapat diwujudkan dengan menyediakan pangan yang akan dikonsumsi dalam kondisi aman, bermutu dan bergizi. Keamanan dan mutu produk pangan yang beredar di lingkungan sekolah ditentukan oleh kebijakan sekolah, praktik keamanan pangan pengelola kantin sekolah dan penjaja pangan di sekitar lingkungan sekolah, kesadaran memilih pangan dari komunitas sekolah serta pengawasan dan pembinaan aktif OPD terkait. Pada kegiatan ini komunitas sekolah yaitu guru dan siswa menerima informasi tentang keamanan pangan untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan program keamanan pangan di sekolah termasuk mensosialisasikan secara aktif pesan keamanan pangan.

Dalam kegiatan ini, narasumber dari Balai POM di Payakumbuh, Bapak Asrianto, PFM Ahli Madya, dan Maghfira Dwi Maulani, PFM Ahli Pertama menyampaikan materi terkait pengenalan keamanan pangan dan tips keamanan pangan di sekolah. Pada kegiatan ini juga dilakukan pemberian Paket Edukasi yang terdiri dari poster keamanan pangan, leaflet, celemek, dan flashdisk berisi video dan materi keamanan pangan. Diharapkan dari kegiatan ini komunitas sekolah dapat menjadi penggerak dalam implementasi keamanan pangan di sekolah dan menyebarluaskan informasi ini kepada komunitas sekolah yang lainnya. (MDM)

Sarana