Pemerintah Kota Bukittinggi berkomitmen Jadikan Bukittinggi Kota Sadar Pangan Aman dalam Advokasi oleh Balai POM di Payakumbuh

30-04-2024 Umum Dilihat 28 kali

(Bukittinggi) Pada 18 April 2024, Balai POM di Payakumbuh melaksanakan kegiatan Advokasi Program Prioritas Nasional (Pro PN) Keamanan Pangan dengan tiga program : Desa Pangan Aman, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas, dan Sekolah dengan PJAS Aman. Pada kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, Bapak Martias Wanto, dan juga lintas sektor terkait seperti Bapelitbang Kota Bukittinggi, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Lingkungan Hidup, dan OPD terkait lainnya.

Kegiatan ini untuk menggalang komitmen dari Pemerintah Daerah untuk menyukseskan Pro PN Keamanan Pangan dan mengintegrasikan ketiga program nasional tersebut dengan kegiatan dari OPD terkait yang sudah berjalan. Untuk tahun 2024, target pelaksanaan di Kota Bukittinggi adalah Desa/Kelurahan Pakan Kurai, Pasar Bawah Bukittinggi, dan 6 sekolah untuk intervensi Keamanan Pangan menyeluruh.

Dalam sambutannya, Kepala Balai POM di Payakumbuh, Bapak Iswadi, menyampaikan ketiga Pro PN ini Masing-masing program memiliki segmen target komunitas yang spesifik, tetapi secara keseluruhan ketiganya bermuara pada terwujudnya peningkatan pola hidup sehat masyarakat khususnya Kota Bukittinggi dalam memproduksi, menyediakan dan mengonsumsi pangan yang aman.

Lintas sektor yang hadir dalam kegiatan Advokasi ini diharapkan dapat mendukung penuh pelaksanaan program desa, pasar dan sekolah pangan aman pada setiap tahapan program dan mereplikasi program pada pada tahun mendatang dengan mengintervensi desa, pasar dan sekolah secara mandiri. (MDM)

Sarana